• Selamat Datangdi DTRB Makassar

    Nikmati layanan online kami, dan dapatkan informasi terkini
    mengenai tata ruang dan bangunan di Kota Makassar. Anda juga
    dapat menghubungi kami melalui form yang disediakan
    Akhirnya Kami ucapkan Selamat menikmati informasi yang
    kami sajikan, Wassalam.....

  • Layanan Primaberdasarkan SOP

    Pelayanan prima merupakan komitmen kami untuk anda.
    Kami DTRB Kota Makassar akan berusaha memberikan
    pelayanan yang terbaik yang sesuai dengan Standar
    Operational Procedure (SOP) yang memuaskan dan sesuai
    harapan atau melebihi harapan masyarakat.....

  • Optimalisasi sumber daya manusia

    Optimalisasi Sumber Daya Manusia merupakan salah satu fokus utama kami. Sasaran kami tak lain adalah memberikan layanan
    yang terbaik kepada masyarakat, dan untuk menghadapi tantangan yang kompetitif, maka perlu dibekali dengan pengetahuan dan ketrampilan yang memadai, serta sikap yang tepat.....

  • Efektifitas pengawasan internal

    Dengan efektifnya Pengawasan Internal, maka diharapkan
    Masyarakat dapat terpuaskan dengan pelayanan DTRB
    Kota Makassar. Sehingga memperkecil kemungkinan
    terjadinya praktek-praktek kotor dan hal-hal yang tidak
    diinginkan yang akan mencoreng citra pemerintah.....

  • Evaluasi pelaksanaan tugas

    Evaluasi ini merupakan tahap akhir untuk mengukur kinerja
    DTRB Kota Makassar, apakah sudah memenuhi SOP dan pelayanannya memuaskan Masyarakat. Dengan Evaluasi
    Pelaksanaan Tugas yang rutin, maka pelayanan dapat diukur
    dan akan terus ditingkatkan dari tahun ke tahun.....

><
 
 
 
Kode Etik Layanan Kami
 
Penunjuk Waktu
 
Pengunjung Online
We have 1 guest online
 
Jajak Pendapat
Apakah pendapat anda tentang Undang-undang Penataan Ruang No. 26 Tahun 2007 ?
  
Home
Berita dan Info
Profil Kota
Profil Dinas
Regulasi
Profil Kepala Dinas
Sambutan Kepala Dinas
Menghubungi Kami
Informasi Izin Mendirikan Bangunan (IMB)
Kode Etik
 
 
 
 
Pencarian Artikel
lalu tekan enter untuk mulai
 
Artikel Lainnya
  :: Bugis Waterpark Dibuka 29 Mei   :: Taman Kota Dianggap Rawan Komersialisasi   :: KPK Gelar Integrity Fair di Anjungan Losari   :: Lurah Diminta Mendukung Warga   :: Mendesak Keputusan Walikota untuk IMB Bangunan Negara   :: Pemkot Segera Terbitkan Perda Gedung dan Bangunan   :: Penataan Ruang Losari, Laguna Disterilkan dari PKL   :: Perbaiki layanan Publik, Makassar Gandeng KPK   :: Cegah Korupsi Dan Gratifikasi, DTRB Sosialisasi Kode Etik   :: DTRB Makassar Targetkan Rp21 Miliar Retribusi IMB   :: DTRB Over Target, Gratiskan IMB 403 Rumah Sederhana   :: 2010,Enam Megaproyek Dibangun   :: Desember,Patompo Tembus ke CPI   :: DTRB Mulai Berlakuan Subsidi Silang IMB   :: Rencana Tata Kota Makassar Belum Atur Gedung Jangkung   :: Pentingnya Optimalisasi Fungsi dan Peran BKPRD Untuk Sinergikan Penataan Ruang di Daerah   :: Peran RTRW dalam Mendorong Percepatan Pembangunan Daerah   :: Menumbuhkan Peran Aktif Masyarakat Dalam Penataan Ruang   :: Pembangunan Infrastruktur berbasis Penataan Ruang   :: Mewujudkan Pembangunan Kota Yang Berkelanjutan
 
Kutipan Peraturan
 
 
 
 
 
Informasi Izin Mendirikan Bangunan (IMB)
Tuesday, 17 November 2009

PETUNJUK PERSYARATAN PENDAFTARAN IZIN MENDIRIKAN BANGUNAN (IMB)
PENJELASAN KEGIATAN DAN WAKTU PROSES PENGURUSAN IMB

NO. K E G I A T A N PELAKSANAAN KET.
1. PENGAMBILAN FORMULIR KAPP -
2. PENDAFTARAN KAPP 1 HARI
3. PEMERIKSAAN BERKAS KASIE ADM 1 HARI
4. PEMERIKSAAN GAMBAR KASIE TEKNIS 1 HARI
5. PEMERIKSAAN ADM DAN TEKNIS KABID PERIZINAN 1 HARI
6. INPUT DATA KE KOMPUTER STAF PERIZINAN
7. PENINJAUAN LAPANGAN BID. P. KAWASAN 3 HARI
8. PENENTUAN GSP/GSB GAMBAR STAF BID. PERIZINAN 1 HARI
9. PERHITUNGAN RETRIBUSI STAF BID. PERIZINAN 1 HARI
10. PENETAPAN RETRIBUSI KABID PERIZINAN
11. PENOMORAN/REGISTRASI PIMB STAF KTU
12. PENGETIKAN REKOMENDASI / PENGANTAR PEMBAYARAN KE BPD STAF KTU 1 HARI
13. PENADATANGANAN BUKTI BAYAR KADIS
14. PEMBAYARAN RETRIBUSI BPD -
15. PENGESAHAN REKOMENDASI DAN GAMBAR KADIS 1 HARI
16. INPUT DATA KE KOMPUTER STAF KTU
17. PENERBITAN IMB KAPP 1 HARI
  LAMA PROSES KESELURUHAN 12 HARI
 
PENJELASAN :
1. Pengambilan Formulir dilakukan di loket KAPP
2. Pendaftaran dilakukan di KAPP.
• Berkas dinyatakan legkap dan memenuhi syarat, setelah diperiksa oleh petugas/staf Bidang Perizinan DTRB. Kemudian diinput kedalam komputer.
• Berkas yang diajukan pemohon telah di advice oleh petugas/staf DTRB.
• Hal-hal pokok yang perlu diperhatikan petugas/staf DTRB adalah :
(1) Memperlihatkan Surat Tanah yang ASLI.
(2) Sesuai dengan peruntukan lahan yang dimohonkan
(3) Lokasi diketahui letaknya.
(4) Permohonan IMB lengkap,diisi dan ditandatangani.
(5) Persayaratn pendukung lainnya.
3. Pemeriksaan Berkas oleh Kasie Penelitian Administrasi :
Berkas pendaftar dinyatakan lengkap dan dibukukan oleh Kasie
• Tanah tidak dalam sengketa.
• Ada tandatangan pengesahan lengkap berkas dan memenuhi syarat.
4. Pemeiksaan Gambar oleh Kasie Penelitian Teknis :
Memeriksa Arsitektur dan struktur Bangunan
• Kesesuaian Luas lahan dan Luas Bangunan
• Sesuai dengan peruntukan lahan
• Gambar yang diajukan memenuhi syarat dan dibukukan oleh Kasie
5. Pemeriksaan Administrasi dan Teknis Permohonan IMB :
Oleh Kabid. Perizinan Bangunan. Dilakukan pemeriksaan secara keseluruhan Admnistrasi dan Teknis yang diajukan untuk menentukan Permohonan tersebut dapat DIPROSES atau DITOLAK.
• Berkas pemohon disusun dalam Map DTRB.
6. Input Data ke Komputer adalah Apabila permohonan tersebut dapat diproses, kemudian diiput kedalam komputer dan dibukukan pada Bidang Perizinan DTRB, selanjutnya dikirim ke Bidang Pengendalian Kawasan dengan pengantar/penerimaan berkas untuk dilakukan peninjauan lapangan antara lain : Foto Copy Surat Tanah dan Gambar.
7. Peninjauaan Lapangan oleh Staf Bidang Pengendalian Kawasan :
Mencatat tanggal penerimaan/pengiriman berkas dari Bidang Perizinan.
• Meninjau lokasi untuk memeriksa keseuaian luas tanah di Surat tanah dengan di lapangan dengan pengukuran.
• Mencatat kondisi lapangan yang sebenarnya
• Membuat laporan peninjauan lapangan (LPL) yang memuat seluruh hasil peninjauan lapangan.antara lain lebar jalan (AS jala ke GSP), GPS ke GSB yang seharusnya, Siatuasi lahan, peletakan bangunan yang seharusnya, dan lain lain.
• Hasil LPL tersebut kirim ke Bidang Perizinan.
8. Penentuan GSP dan GSB.
Setelah menerima hasil LPL maka petugas/staf Bidang Perizinan mencatat tanggal penerimaan LPL.
• Menyesuaikan hasil LPL dengan petunjuk teknis Garis Sempada.
• Melakukan penetuan GSP dan GSB pada gambar pemohon.
9. Perhitungan Retribusi :
Berkas pemohon yang telah diperksa dan sesuai secara Administrai/Teknis lalu dilakukan perhitungan retribusi.
• Hasil perhitungan retribusi setelah sesuai, diajukan ke Kabid Perizinan untuk pengesahan penetapannya.
10. Penetapan Retribusi IMB :
Penetapan retribusi dilakukan oleh Kabid Periizinan dengan membubuhkan tandatangan pengesahan oleh Kabid. Perizinan.
11. Penomoran/Registrasi DTRB :
Hasil penetapan retribusi IMB yang telah ditandatangi oleh Kabid. Perizinan selanjutnya diberi nomor Registrasi yang merupakan nomor Rekomendasi IMB, dilakukan oleh Staf KTU.
12. Pengetikan Rekomendasi :
Berkas yang telah diberi nomor Registrasi tersbut selajutnya di kirim ke bagian pengetikan untuk dibuatkan REKOMENDASI dan Pengantar Pembayaran Retribusi ke BPD.
13. Penandatangann Bukti Pembayaran Retribusi :
Kepala Dinas menadatangi bukti pembayaran setelah memeriksa keseluruhan berkas yang memenuhi syarat.
14. Pembayaran Retribusi IMB oleh Pemohon ke BPD
15. Pengesahan Rekomendasi dan Gambar :
Setelah pemohon melakukan pembayaran selanjutnya Bukti bayar tersebut dilampirkan ke dalam berkas Pemohon untuk dijukan ke Kabid Perizinan untuk ditandatangani gambarnya, kemudian Kadis Tata Ruang dan bangunan menandatangi Rekomendasi dan Gambarnya.
16. Input data ke komputer :
Berkas yang telah rampung tersebut kemudian diinput datanya ke dalam komputer Bidang Perizinan. Untuk kemudian dibuatkan pengantar untuk penerbitan IMB pada KAPP.
17. Penerbitan IMB :
Dalam waktu satu hari setelah menerima Rekomendasi IMB, maka KAPP akan menerbitkan IMB kepada pemohon.
 
PERSYARATAN BERKAS PERMOHONAN IZIN MENDIRIKAN BANGUNAN (IMB) UNTUK
MEMBANGUN BARU, MENAMBAH / MERENOVASI, PEMUTIHAN, BALIK NAMA
NO. MEMBANGUN BARU MENAMBAH / RENOVASI BALIK NAMA PEMUTIHAN KET.
1. Foto Copy KTP Pemohon 2 rangkap Foto Copy KTP Pemohon 2 rangkap Foto Copy KTP Pemohon 2 rangkap Foto Copy KTP Pemohon 2 rangkap Untuk Bangunan Rumah Tinggal dengan luasan sampai dengan 200 m2
Diproses maksimum 12 hari kerja
2. Permohonan IMB yang diketahui oleh Lurah dan Camat Permohonan IMB yang tidak harus atau diketahui oleh Lurah Permohonan IMB yang diketahui oleh Lurah dan Camat Permohonan IMB yang diketahui oleh Lurah dan Camat
3. Foto Copy Pelunasan PBB Tahun 2004 dan 2005 Foto Copy Pelunasan PBB Tahun 2004 dan 2005 Foto Copy Pelunasan PBB Tahun 2004 dan 2005 Foto Copy Pelunasan PBB Tahun 2004 dan 2005
4. Foto copy Surat Tanah 2 rangkap, Aslinya diperlihatkan pada saat pendaftaran Foto copy Surat Tanah 2 rangkap, Aslinya diperlihatkan pada saat pendaftaran Foto copy Surat Tanah 2 rangkap, Aslinya diperlihatkan pada saat pendaftaran Foto copy Surat Tanah 2 rangkap, Aslinya diperlihatkan pada saat pendaftaran
5. Gambar bangunan (minimal ukuran A3) yang telah ditandatangani Pemohon sebanyak 6 rangkap Gambar bangunan (minimal ukuran A3) yang telah ditandatangani Pemohon sebanyak 6 rangkap Gambar bangunan (minimal ukuran A3) yang telah ditandatangani Pemohon sebanyak 6 rangkap Gambar bangunan (minimal ukuran A3) yang telah ditandatangani Pemohon sebanyak 6 rangkap
6. Pas Foto pemohon ukuran 3x4 sebanyak 4 lembar Pas Foto pemohon ukuran 3x4 sebanyak 4 lembar Pas Foto pemohon ukuran 3x4 sebanyak 4 lembar Pas Foto pemohon ukuran 3x4 sebanyak 4 lembar
7.   Foto Copy IMB dan Gambar IMB dan Gambar yang asli dilampirkan Melampirkan Keterangan lamanya bangunan yang diketahui oleh RT dan Lurah Setempat
Catatan :
Untuk bangunan tertentu/khusus dilengkapi dengan dokumen/keterangan pendukung sesuai dengan fungsi dan teknis bangunan
 
PERSYARATAN BERKAS PERMOHONAN IZIN MENGUBAH BANGUNAN
NO. MENGUBAH BANGUNAN KET.
1. Foto Copy KTP Pemohon 2 rangkap  
2. Foto Copy Pelunasan PBB Tahun 2004 dan 2005  
3. Permohonan IZIN MENGUBAH BANGUNAN yang diketahui oleh Lurah dan Camat.  
4. Foto copy Surat Tanah 2 rangkap, Aslinya diperlihatkan pada saat pendaftaran  
5. Gambar RENCANA Perubahan bangunan (minimal ukuran A3) yang telah ditandatangani Pemohon sebanyak 6 rangkap  
6. IZIN MENDIRIKAN BANGUNAN (IMB) yang Asli  
7. IZIN PENGGUNAAN BANGUNAN  
8. Pas Foto pemohon ukuran 3x4 sebanyak 4 lembar  
Catatan :
• Untuk bangunan tertentu/khusus dilengkapi dengan dokumen/keterangan pendukung sesuai dengan fungsi dan teknis bangunan
• Mengubah fungsi bangunan dapat sekaligus dengan Balik Nama Pemohon.
 
PERSYARATAN BERKAS PERMOHONAN IZIN PENGGUNAAN BANGUNAN (IPB)
NO. MEMBANGUN BARU MENAMBAH / RENOVASI BALIK NAMA PEMUTIHAN KET.
1. Foto Copy KTP Pemohon 2 rangkap Foto Copy KTP Pemohon 2 rangkap Foto Copy KTP Pemohon 2 rangkap Foto Copy KTP Pemohon 2 rangkap  
2. Permohonan IPENGGUNAAN BANGUNAN (IPB) Permohonan IPENGGUNAAN BANGUNAN (IPB) Permohonan IPENGGUNAAN BANGUNAN (IPB) Permohonan IPENGGUNAAN BANGUNAN (IPB)
3. Foto Copy IMB dan Gambar Bangunan yang telah diSahkan Dinas Tata Ruang dan Bangunan Foto Copy IMB dan Gambar Bangunan yang telah diSahkan Dinas Tata Ruang dan Bangunan Foto Copy IMB dan Gambar Bangunan yang telah diSahkan Dinas Tata Ruang dan Bangunan Foto Copy IMB dan Gambar Bangunan yang telah diSahkan Dinas Tata Ruang dan Bangunan
4. Pas Foto pemohon ukuran 3x4 sebanyak 4 lembar Pas Foto pemohon ukuran 3x4 sebanyak 4 lembar Pas Foto pemohon ukuran 3x4 sebanyak 4 lembar Pas Foto pemohon ukuran 3x4 sebanyak 4 lembar
5. Pernyataan Pemohon Pernyataan Pemohon Pernyataan Pemohon Pernyataan Pemohon
Catatan :
Untuk bangunan tertentu/khusus dilengkapi dengan dokumen/keterangan pendukung sesuai dengan fungsi dan teknis bangunan
 
PERSYARATAN BERKAS PERMOHONAN IZIN MEROBOHKAN BANGUNAN (IRB)
NO. MEROBOHKAN BANGUNAN KET.
1. Foto Copy KTP Pemohon 2 rangkap  
2. Permohonan IZIN MEROBOHKAN BANGUNAN (IRB)  
3. Foto copy Surat Tanah 2 rangkap, Aslinya diperlihatkan pada saat pendaftaran  
4. IZIN MENDIRIKAN BANGUNAN (IMB) dan Gambar yang diterbitkan Pemerintah Kota Makassar  
5. Pas Foto pemohon ukuran 3x4 sebanyak 4 lembar  
6. Keterangan Bangunan dan Pernyataan dari Pemohon Pemohon  
Catatan :
Untuk bangunan tertentu/khusus dilengkapi dengan dokumen/keterangan pendukung sesuai dengan fungsi dan teknis bangunan